Ban dengan warna-warna pembeda ini akan mulai muncul di balap perdana 2014 di Sirkuit Losail, Qatar, (23/3/2014). Untuk penggunaan ban regulasi tahun ini cukup rumit. Perbedaan penggunaan ban antara tim factory (pabrikan) dan open cukup menyulitkan tim untuk memilah ban dengan kompon lunak, super lunak, medium, atau keras.
4 WarnaEmpat jenis ban itu akan dibedakan dengan warna spesifik yang terdapat pada dinding, kecuali ban khusus basah, seperti yang sudah dipakai pada Formula 1. Untuk ekstra lunak (extra-soft) diberi garis hijau, lunak (soft) bergaris putih, dan keras (hard) bergaris merah. Sedangkan kompon medium akan dibiarkan polos alias hitam.
Sebelumnya, pembeda untuk ban hanya diberikan untuk ban kompon lunak. Tapi, tidak diberi tanda secara spesifik, alias hanya tim dan pebalap yang tahu detail. Dengan adanya empat warna pembeda nanti, kita sebagai penonton pun akan tahu, ban jenis apa yang dipakai para pebalap di babak kualifikasi atau pun saat balap.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kode Warna Ban MotoGP dari Bridgestone di blog Syafar Share jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.